Politik

Putra Mantan Gubernur Lampung Ini Melaju ke Senayan

×

Putra Mantan Gubernur Lampung Ini Melaju ke Senayan

Sebarkan artikel ini

Korel.id – Partai Golongan Karya (Golkar) bisa dipastikan akan mendudukan kadernya di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), di senayan dari daerah pemilihan (Dapil) Lampung I.

Hal tersebut berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) oleh Lembaga Survei Rakata berkolaborasi dengan Kuadran, di bawah naungan ALSHCI hingga Kamis, 15 Februari 2024.

Hitung cepat itu menggunakan metode stratified random sampling. Untuk Dapil Lampung I suara masuk 95,21%, margin of error (toleransi kesalahan) 2,16%, dengan tingkat kepercayaan 99%. Hitung cepat ini menggunakan 350 sampel TPS di Provinsi Lampung.

Berdasarkan hasil quick count Rakata, Partai Gerindra bertengger diposisi puncak dengan persentase suara 17,79%. Posisi kedua ditempati PDIP dengan perolehan 13,69%.

Kemudian disusul PKB 13,58%, Nasdem 10,65%, dan Golkar dengan 10,26% diposisi kelima. Selanjutnya, PAN dengan 9,15%, PKS 7,58%, dan terakhir Demokrat dengan 7,39%.

Untuk pemilihan DPR RI Dapil Lampung I yang meliputi Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, Pringsewu, Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat, menempatkan sejumlah nama petahana.

Kendati demikian, dari jumlah 10 kursi yang tersedia, ada sejumlah nama baru muncul dengan perolehan suara yang melampaui petahana dan berpotensi lolos ke senayan.

Sebut saja di Partai Golkar. Persaingan ketat menuju senayan terjadi antara caleg nomor urut 1 Lodewijk F. Paulus, S.Hub.Int. dengan caleg nomor urut 2 Rycko Menoza, MBA.

Berdasarkan hasil quick count Rakata yang ditutup pada Kamis (15/2) dengan suara masuk 95,21%, Rycko Menoza dengan perolehan 2,15% berpeluang menggeser petahana yang juga merupakan Sekjen Partai Golkar, Lodewijk yang hanya meraih 1,96%.

Rycko Menoza yang merupakan mantan Bupati Lampung Selatan periode 2010-2015 itu meraih suara terbanyak sesama caleg DPR RI di Partai Golkar dari Dapil Lampung I.

Menanggapi hal itu, Rycko Menoza merasa bersyukur. Kendati demikian, dia tak mau jumawa akan hasil quick count dan tetap menunggu sampai penghitungan KPU selesai.

“Saya masih menunggu penghitungan real dari KPU. Mudah-mudahan tidak ada pergeseran lagi nanti,” tulis Rycko Menoza dihubungi melalui WhatsApp pribadinya.

Selain Rycko Menoza, wajah baru yang dipredikasi duduk di DPR RI dari Lampung I yakni, Putri Zulkifli Hasan 5,28% (PAN), Rahmawati Herdian 4,96% (Nasdem), dan Ruby Chairani 2,64% (Gerindra). (RM)

iklan top

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *