Pendidikan

Sambut 34 Mahasiswa PMM 3, Ini Pesan Wakil Rektor 1 IIB Darmajaya

×

Sambut 34 Mahasiswa PMM 3, Ini Pesan Wakil Rektor 1 IIB Darmajaya

Sebarkan artikel ini

Korel.id — Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menyambut 34 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se Indonesia dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 pada Senin (25/9/23).

Adapun 34 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yaitu dari Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Hamzanwadi, Universitas Negeri Malang, Universitas Airlangga, Universitas Handayani Makassar, Universitas Islam Al-Azhar, Universitas Islam Balitar, Universitas Kuningan, dan Universitas Komputer Indonesia.

Kemudian, Universitas Pamulang, Universitas Galuh, Universitas Negeri Makassar, Universitas Muhammadiyah Kupang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI, Universitas Sulawesi Barat, Universitas Negeri Jakarta, Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung, Universitas Sembilan Belas November Kolaka, dan Universitas Cokroaminoto Palopo.

Selanjutnya, Universitas Teknologi Akba Makassar, Institut Pendidikan dan Bahasa Invada, Universitas Indonesia Membangun, Universitas Negeri Manado, Universitas Siber Asia, STMIK Widya Pramana, dan Universitas Mayjen Sungkono.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D., mengucapkan selamat datang di Kampus IIB Darmajaya, Lampung. Menurut dia, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ini tidak salah memilih Darmajaya, “Anda tidak salah pilih. Karena terus terang saja IIB Darmajaya ini perguruan tinggi swasta terbaik di Sumatra Bagian Selatan,” ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

IIB Darmajaya, lanjut dia, memiliki sistem pembelajaran terbaik dan SDM terbaik di Sumatra Bagian Selatan. “Beberapa hari lalu, IIB Darmajaya dianugerahi penghargaan oleh LLDikti wilayah II. Dari 8, kita mendapatkan 7 dengan enam meraih peringkat pertama,” ujarnya.

RZ Abdul Aziz menuturkan IIB Darmajaya telah melakukan pertukaran mahasiswa dari tahun 2008 dengan bekerjasama perguruan tinggi mitra di luar negeri. Begitu juga mahasiswa dari perguruan tinggi luar negeri yang mengikuti perkuliahan di IIB Darmajaya. “Anda datang ke IIB Darmajaya ini juga akan terdapat mahasiswa asal Tiongkok yang rencananya tiba pada Oktober 2023,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan saat ini terdapat beberapa mahasiswa asing yang kuliah di IIB Darmajaya. Ada dari Afrika Selatan, Tiongkok, dan Filipina. “Dengan Anda mengikuti PMM ini, juga dapat membuka wawasan berpikir rekan-rekan mahasiswa terhadap dunia luar tidak hanya di kampus Anda tetapi dapat belajar dengan budaya di Lampung,” kata Abdul Aziz.

Sementara, Direktur MBKM IIB Darmajaya, Dr. Muhammad Said Hasibuan, M. Kom. mengatakan kegiatan PMM 3 ini merupakan kerja sama beberapa bagian. Tahun 2021 terdapat 21 mahasiswa yang PMM ke IIB Darmajaya dan tahun 2022 terdapat 22 mahasiswa. “Ini tahun 2023 terdapat 34 mahasiswa dikarenakan banyak rekomendasi dari kakak tingkatnya yang mereferensikan untuk PMM di Darmajaya,” ungkapnya.

Menurut dia, terdapat dalam PMM akan terdapat banyak kegiatan diantaranya kebhinekaan, inspirasi, dan refleksi. “Mahasiswa akan mengenal budaya Lampung dan menampilkan budaya masing-masing pada akhir semester,” ucapnya.

Dr. Said Hasibuan juga berharap mahasiswa PMM 3 dapat berdiskusi ketika terdapat suatu hal mengenai perkuliahan. “Mahasiswa juga dapat mendokumentasikan semua acara dalam Modul Nusantara,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan mahasiswa PMM 3 Hilman Hidayat mengucapkan terima kasih atas sambutannya. “Mohon bimbingan, arahan karena kami merupakan pendatang dan kepada teman-teman semua selamat telah berani keluar untuk menggali ilmu,” ungkapnya.

Adapun penyambutan juga dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Dekan Fakultas Desain, Hukum dan Pariwisata (DHP). Turut hadir juga para Ketua Prodi di IIB Darmajaya. (**)

iklan top

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *