Nasional

JK : Tidak Ada Lagi Ketakutan di Afghanistan usai Taliban Berkuasa

×

JK : Tidak Ada Lagi Ketakutan di Afghanistan usai Taliban Berkuasa

Sebarkan artikel ini
Wakil Presiden RI ke 10 dan ke-12, Muhammad Jusuf Kalla. (Foto : NET)

JAKARTA — Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) ke-10 dan ke-12, Muhammad Jusuf Kalla alias JK, menyatakan situasi Afghanistan semakin aman di bawah pemerintahan Taliban. JK berkunjung ke Afghanistan pada Minggu (2/6/2024) hingga Rabu (5/6) lalu, untuk bertemu pejabat tinggi Taliban.

Dilansir Inspiratif.co.id dari laman Kompas.tv, JK melihat langsung kondisi terkini ibu kota Kabul di bawah pemerintahan Taliban.

Diketahui, organisasi ini mengambil alih Afghanistan dari pemerintahan Ashraf Ghani usai penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) pada 2021 lalu.

JK menyebut Afghanistan terlihat semakin aman saat dirinya berkunjung. Sebelumnya, politikus senior Partai Golkar itu telah tiga kali mengunjungi Afghanistan.

Di bawah rezim Taliban, Kalla melihat jalanan di Kabul kini tidak lagi dipenuhi pria bersenjata. Dia mengatakan banyak warga yang berjalan-jalan dan situasi pasar juga ramai.

“Saya sendiri kaget dengan suasana Afghanistan kini dibandingkan tahun 2020 lalu, terakhir saya ke sana,” kata JK dalam wawancara dengan Kompas.id yang diterbitkan pada Kamis (6/6).
“Sekarang orang bebas jalan-jalan di malam hari, tanpa takut ada bom. Toko banyak yang buka, juga penerbangan dan pesawat di bandara,” tutup Ketua Palang Merah Indonesia itu. (*)

iklan top

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *