LampungPendidikan

Ini Nih… Untungnya Kuliah di Darmajaya

×

Ini Nih… Untungnya Kuliah di Darmajaya

Sebarkan artikel ini

Korel.id — Untungnya menjadi Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, makin tak terbendung. Kerana kampus yang berwarna biru ini, selalu menghadirkan praktisi-praktisi yang kompeten dibidangnya. Hal ini tentunya membuat kemampuan mahasiswa semakin terasah.

Kali ini, perguruan tinggi yang dibawah Yayasan Alfian Husin ini, menghadirkan Representative PT Phintraco Sekuritas Juan Sha Sha Fitrah. Juan memberikan pengenalan dunia pasar modal mulai dari regulasi hingga praktik jual beli saham.

Juan Sha Sha Fitrah mengatakan investasi merupakan salah satu cara untuk menyiapkan masa depan. “Banyak instrumen investasi yang kita tahu tanah, emas, properti hingga saham,” ucapnya dalam rilis yang diterima Inspiratif.co.id (group Korel.id), Senin 16 Januari 2024.

Menurutnya, setiap investasi memiliki resiko namun dapat mengantisipasi sebelum terjadinya resiko dengan memahami cara berinvestasi. “Investasi juga untuk menyiapkan masa depan ataupun keinginan lainnya. Saya bisa menggunakan investasi di pasar modal untuk membayar seluruh biaya studi,” kata dia.

Juan Sha Sha Fitrah juga menjelaskan mengenai investasi di pasar modal yakni saham. Mulai dari resiko saham, capital gain, fluktuatif, pailit, suspensi, listing, delisting dan lain sebagainya.

Ia juga menerangkan definisi pasar modal merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Selain itu, Juan Sha Sha juga memandu langkah-langkah dalam membeli saham di pasar modal.

Sebelumnya, Ia juga mengajarkan cara membuka akun sekuritas yang digunakan untuk membeli saham. Tata cara mengecek portofolio hingga transaksi penjualan dan pembelian disampaikannya.

Hal itu disampaikan Juan dalam kegiatan Praktisi Mengajar dalam mata kuliah Teori Portofolio & Analisis Investasi selama tiga pertemuan yang digelar IIB Darmajaya, pada 8 hingga 10 Januari 2024 lalu.

Sementara, Kepala Biro Humas IIB Darmajaya, Dian Mustika, S.E., M.Sc., mengatakan mata kuliah teori portofolio dan analisis investasi ini disampaikan oleh praktisi yang langsung implementasi. “Selama ini mahasiswa mendapatkan materi dari buku yang tataran teori dan kini mereka juga mendapatkan langsung paparan praktis implementasi,” ungkapnya.

Dengan praktisi mengajar ini, lanjut dia, akan mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai regulasi di pasar modal. Terutama mahasiswa juga memahami analisis investasi di pasar modal. ()

iklan top

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *