Bandar LampungDaerahLampungPendidikan

Prodi Sistem Informasi Darmajaya Gelar Lokakarya Pengembangan RPS Berbasis OBE

×

Prodi Sistem Informasi Darmajaya Gelar Lokakarya Pengembangan RPS Berbasis OBE

Sebarkan artikel ini

Inspiratif.co.id – Dengan adanya Outcome-Based Education (OBE) maka lulusan yang dihasilkan Program Studi akan memiliki kompetensi yang lebih terencana dan dapat lebih terpantau kesesuaian pencapaiannya.

Hal ini disampaikan Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. dari Universitas Indonesia (UI) dalam Lokakarya Pengembangan RPS Berbasis OBE dan MBKM menggunakan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Case Based Learning (CBL).

Kegiatan itu digelar Program Studi Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, di Ruang Meeting Lantai 1 Gedung Alfian Husin, Rabu (23/8/23). “Lokakarya ini sangat penting karena perguruan tinggi dituntut oleh pemerintah untuk menghasilkan outcome yang jelas. Outcome ini menjadi acuan dalam mengembangkan sebuah kurikulum,” Prof. Achmad Nizar Hidayanto.

Menurut dia, zaman dahulu tidak diatur untuk luarannya harus seperti apa. “Dengan OBE hal tersebut diatur. Sehingga, para employer mendapatkan lulusan yang sesuai keinginan mereka,” ujarnya.

Prof. Achmad Nizar Hidayanto juga menjelaskan ketika nanti outcomenya tidak sesuai dengan kurikulum OBE, prodi akan kurang baik dalam menyusun kurikulumnya. “Dengan OBE harapan dapat memenuhi tuntutan dari Lembaga Akreditasi Mandiri dan akreditasi internasional juga. Mudah-mudahan kelak dosen dapat melaksanakan RPS yang telah didesain berbasis OBE ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Rektor IIB Darmajaya Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., berharap dalam penyusunan kurikulum kiblatnya ke Universitas Indonesia dan sedikit banyak bisa mengikuti kurikulum Universitas Indonesia. “Sekarang ini segala sesuatu berubah cepat,” ungkap dia seperti mengutip dari https://darmajaya.ac.id.

Menurut dia, dalam PJBL dan CBL dosen tidak lagi sebagai pengajar tetapi sebagai coach. “Kurikulum ini kita sesuaikan dengan perkembangan saat ini, tetapi dosennya harus menyesuaikan diri. Harus juga tidak di-comfort zone,” kata dia.

Dengan kurikulum baru, kata Rektor, nantinya dapat membawa atau merubah mindset dosen. ”Kita mau buat kurikulum baru untuk OBE yang berbasis PJBL dan CBL dengan diselaraskan oleh dosennya untuk merubah mindset untuk terus belajar. Tidak hanya mahasiswa yang mendapatkan ilmu dari dosen,” pungkasnya.

Kegiatan Lokakarya merupakan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2023 Kemdikbudristek RI. Dalam lokakarya turut hadir Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D.

Kemudian, hadir juga Wakil Rektor 2 Ronny Nazar, S.E., M.M., Wakil Rektor 3 Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., Dekan FEB, Dekan Filkom, Dekan DHP, Ketua Prodi Sistem Informasi dan seluruh dosen Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya. (Rls)

iklan top

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *