DaerahJawa Tengah

Momentum Anak Muda Bangkitkan Nasionalisme dan Semangat Patriotik

×

Momentum Anak Muda Bangkitkan Nasionalisme dan Semangat Patriotik

Sebarkan artikel ini

Inspiratif.co.id – Bupati Tegal Umi Azizah saat menyampaikan sambutannya di acara Malam Resepsi Peringatan HUT RI ke-78 Kemerdekaan RI di HUT Kemerdekaan RI menjadi momentum bagi generasi muda dalam menumbuhkan semangat patriotisme dan membangkitkan jiwa nasionalisme. Hal ini disampaikan Bupati Tegal Hj.Umi Azizah saat Malam Resepsi Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pendopo Amangkurat, Kamis 17-Agustus-2023.

Menurutnya, rasa cinta tanah air dan bangga menjadi insan Indonesia di kalangan anak muda harus senantiasa diasah dan dibangkitkan. Harus ada ruang generasi muda untuk mengaktualisasikan dirinya agar mereka mampu berperan menjadi garda terdepan dengan mengajak elemen bangsa lainnya bersama-sama memperkokoh pilar pembangunan sembari mencontohkan bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat tertanam dan menjelma dalam keseharian.
Peringatan kemerdekaan RI ini bukan sebatas acara tahunan semata, akan tetapi juga sarana strategis untuk membangun jiwa dan kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman dan kemajemukan kehidupan bangsa Indonesia.

Sebagai insan Pancasila, Umi pun mengajak masyarakat ikut memperkokoh ikatan persaudaraan dan menumbuhkembangkan nilai-nilai kegotong-royongan, mulai dari hal yang paling sederhana seperti mengelola sampah dari rumah, di sekolah dan di kantor, hingga yang paling kompleks dengan ikut menjaga kesantunan dan moralitas di ruang publik.
Dalam kesempatan ini, dia juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang sebelumnya telah menjalankan tugasnya dengan baik.

“Sebagai pribadi, saya merasa bangga dengan kedisiplinan dan ketenangan kalian saat menjalankan tugas negara, menjadi tumpuan suksesnya sebuah acara besar,” ujarnya.

Menurutnya, mentalitas seperti ini harus dipupuk dan dibangun di kalangan generasi muda. Tidak hanya kepada mereka yang bertugas atau terlibat langsung di acara-acara resmi kenegaraan, tapi juga seluruh elemen kepemudaan dan pelajar agar terus bersemangat berkarya.

Sebab, lanjut Umi, dari merekalah cikal bakal kepemimpinan masa depan akan terlahir. Dan dari merekalah bibit-bibit unggul akan muncul sebagai agen perubahan yang akan menuntun kemajuan bangsa ke depan.
“Fokuslah pada upaya mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik, lebih bijak, lebih santun dan toleran dan saling menghargai,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal KRT Sugono Adinagoro mengatakan jika peringatan HUT Kemerdekaan RI ini merupakan salah satu bentuk dan wujud ucapan syukur serta penghormatan generasi penerus atas jasa para pahlawan dan pejuang kemerdekaan yang gugur dalam perang sebagai kusuma bangsa maupun yang berjuang melalui jalur diplomasi hingga kemerdekaan RI diakui oleh masyarakat dunia.

Sugono pun menuturkan jika perjuangan para pendahulu ini sudah sepatutnya dikenang, diambil nilai-nilai kebaikannya dan diimplementasikan untuk mengisi kemerdekaan ini dengan karya dan prestasi yang membanggakan.
Lebih lanjut, Sugono mengajak masyarakat untuk bersama-sama merayakan kemerdekaan ini dengan terus mempertahankan semangat pantang menyerah, mengafirmasi diri menjadi pribadi yang merdeka, berdikari dan bangga dengan identitas kebangsaan Indonesia.
“Jangan sampai kita sebagai penerus justru tumbuh menjadi pribadi penjajah di era modern di negeri sendiri dengan menindas dan menyengsarakan sesama anak bangsa,” tandasnya.

Adapun rangkaian kegiatan inti pada Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Tegal ini meliputi pengukuhan paskibraka, sidang paripurna DPRD, malam tasyakuran, apel kehormatan dan renungan suci, upacara peringatan HUT RI, pemberian remisi kepada narapidana, upacara penurunan bendera merah putih dan resepsi HUT RI.

Sedangkan kegiatan peringatan HUT RI ini akan dimeriahkan dengan Semarak Karnaval Kemerdekaan 2023 yang akan diselenggarakan selama dua hari, tanggal 26-27 Agustus 2023 di Kota Slawi. Karnaval tersebut akan diikuti oleh pelajar, masyarakat umum, organisasi perangkat daerah, BUMN, BUMD, perusahaan swasta, hingga organisasi kemasyarakatan. (*)

iklan top

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *