DaerahSulawesi Selatan

Dosen UNM Gelar Kegiatan Pengabdian Guna Mengembangkan Potensi Masyarakat Kelurahan Attangsalo

×

Dosen UNM Gelar Kegiatan Pengabdian Guna Mengembangkan Potensi Masyarakat Kelurahan Attangsalo

Sebarkan artikel ini

Inspiratif.co.id – Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis FEB serta Fakultas Teknik (FT) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) di Kelurahan Attangsalo Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep, Sabtu 29 juli 2023.

Mengangkat tema “Pengolahan dan Pemasaran Jeruk Pamelo Berbasis Digital Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Attangsalo” . Kegiatan ini meliputi beberapa agenda yaitu, pelatihan membuat sirup jeruk pamelo dan pembuatan web dalam memasarkan produk sirup jeruk pamelo secara digital.

Lurah Attangsalo yang diwakili oleh Ibu Munirah selaku koordinator keluarga harapan dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas kegiatan ini karena sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat Attangsalo, dimana produksi jeruk pamelo selama ini hanya dijual tanpa dilakukan pengolahan. Ibu Munirah berharap melalui kegiatan ini masyarakat utamanya ibu rumah tangga dapat belajar sekaligus bisa memberikan tambahan pendapatan dengan olahan jeruk pamelo berupa sirup.

Sementara itu, Ketua pengabdian Dr. Ir. Hj. Marhawati, M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian dilakukan berdasarkan penelitiannya tentang jeruk pamelo untuk memperoleh gelar doktor, dimana petani sering mengeluhkan harga jual jeruk yang rendah tidak sesuai dengan biaya yang dikeluarkan, namun petani tetap menjual dari pada jeruknya membusuk, sehingga timbul inisiatif untuk memberikan pelatihan pengolahan buah jeruk sekaligus cara memasarkan dengan menggunakan teknologi digital.

Diakhir kegiatan, Sekertaris lurah Ibu Nasriani mengharapkan agar tim pengabdian jangan bosan dalam memberikan kegiatan. Kami mengharapkan kedatangan bapak/ibu lagi di Kelurahan Attangsalo ujarnya. (*)

iklan top

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *