DaerahLampungLampung SelatanNasionalPendidikan

HUT Pramuka ke-62, Pelajar se-RJU Gelar Kemah Bakti

×

HUT Pramuka ke-62, Pelajar se-RJU Gelar Kemah Bakti

Sebarkan artikel ini

Inspiratif.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Pramuka, seluruh sekolah di Kecamatan Rawajitu Utara mulai  dari tingkat TK, SD, MI SMP/MTS sampai  SMA dan SMK menggelar Kemah Bakti sejak tanggal 12-14 Agustus 2023. Bertempat di Lapangan Desa Sungai Buaya, Kecamatan Rawa Jitu Utara, Kabupaten Mesuji.

Hadir dalam acara tersebut Camat Rawajitu Utara Samijo, yang juga bertindak sebagai Pembina Upacara Pembukaan Kemah Bakti, seluruh Kepala Desa dan Kepala Sekolah se-Kecamatan Rawajitu Utara, serta para peserta siswa-siswi perwakilan TK, SD, MI, SMP, SMA, SMK.

Tidak hanya berkemah kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan Perlombaan scouting skill dan keagamaan, pentas seni, jelajah alam, dan api unggun pada malam puncak acara.

Dewan Pembina Pramuka Agus Yuwono yang juga kepala Sekolah SDN 8 Rawajitu Utara, usai acara pembukaan  saat berada di lokasi kegiatan mengatakan, kegiatan kemah bakti peringatan hari Pramuka ke 62 tahun ini dilaksanakan di Lapangan Desa Sungai Buaya.

Agus menjelaskan 14 Agustus 2023 menjadi Hari Pramuka ke-62. Untuk memperingati momen ini tema dan logo Hari Pramuka ke-62 ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 068 Tahun 2023 tentang logo hari Pramuka ke-62.

“Adapun tema yang diusung yakni ‘Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional’ tema yang diusung tahun ini tidak lepas dari makna logo Hari Pramuka,” jelasnya usai upacara pembukaan Sabtu, 12-Agustus-2023.

Pihaknya bersama Mabigus lainnya sudah mempersiapkan untuk acara dari beberapa hari sebelumnya dengan berbagai kegiatan dan lomba yang akan dilaksanakan  untuk memeriahkan hari Pramuka di Kecamatan Rawajitu utara.

“Hari ini sudah dilaksanakan upacara pembukaan yang diikuti oleh seluruh peserta dari sekolah yang ada di kecamatan Rju,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Ranting (Kwaran) Kecamatan Rawajitu Utara Kusmadi Amin menjelaskan, Kemah Bakti untuk memperingati hari jadi Pramuka selalu diperingati setiap tahun di Kecamatan Rju dengan melibatkan seluruh sekolah dan  dilaksanakan secara bergilir berdasarkan undian yang dilaksanakan pada malam puncak peringatan.

“Peringatan tahun lalu dilaksanakan di Lapangan SD 06 Desa Panggung Rejo dan tahun ini peringatan Hari Pramuka ke 62 di Lapangan Desa Sungai Buaya. Kalau melihat jumlah para peserta, tahun ini lebih meriah dibanding tahun lalu,” terangnya.

Dijelaskannya tema Pramuka tahun ini adalah menunjukkan semangat gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional.

Di samping itu wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan  tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara.

“Ya kita akan  menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan Kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” urainya.

Dikatakannya  kegiatan Kemah Bakti yang dilaksanakan untuk mendorong perkembangan Gerakan Pramuka, utamanya pada Kepala Sekolah di semua tingkatan. Menurutnya maju mundurnya gerakan pramuka sangat berperan sekali para KaMabigus baik SD, SMP maupun SMA.

“Kemah bakti akan dimulai hari ini sampai dengan 14 Agustus. Saya mengajak untuk kita sama-sama sukseskan acara Kemah Bakti ini dan bagi para peserta ikuti semua kegiatan dengan baik dan penuh semangat untuk membangun karakter para Pramuka di Kecamatan Rju,” pungkasnya. (*)

iklan top

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *