DaerahLampungMesuji

21 Orang Panitia Panwascam Dilantik Ketua Bawaslu Mesuji

×

21 Orang Panitia Panwascam Dilantik Ketua Bawaslu Mesuji

Sebarkan artikel ini

MESUJI – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mesuji Deden Cahyono mengambil sumpah/janji jabatan serta melantik 21 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 7 kecamatan yang ada di Balai Desa Berasan Makmur, Kecamatan Tanjung raya, Kabupaten setempat pada Sabtu, 25-Mei-2024.

Ketua Bawaslu Deden Cahyono dalam pelantikan itu mengatakan anggota Panwascam  setelah dilantik dapat menjalankan tugas dan  amanah dengan sebaik-baiknya serta dapat menjaga integritasnya dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawasan Bawaslu pada pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah tahun 2024.

“Selamat melaksanakan tugas kepada seluruh panitia anggota Panwascam yang baru dilantik, tetap jaga integritas, bekerja secara profesional untuk demokrasi jujur dan adil,” jelas Deden dihadapan para Panwascam yang dilantik dan tamu undangan.

Pada kesempatan itu Deden menjelaskan dari jumlah anggota Panwascam 60 persen adalah anggota Panwascam yang sudah pernah menjalankan  tugas sebagai panwascam,40 persen dari itu yaitu 9 orang adalah anggota panitia panwascam yang  baru dari seleksi yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

“Ya  dari jumlah anggota panwascam 60 persen pernah bertugas dan 9 orang yang baru nanti dapat menyesuaikan dengan anggota yang sudah pernah menjabat panwascam  terkait penanganan pelanggaran-pelanggaran pemilu,” ungkapnya.

Deden juga mengingatkan bahwa Pilkada serentak tahun 2024 yang diawasi bukan hanya Calon Bupati serta Wakil Bupati, melainkan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, dan pihak-pihak lainnya yang berkaitan dengan tahapan penyelenggaraan pemilihan.

“Ini menjadi tantangan tersendiri bagi panwascam terlantik khususnya terhadap 9 orang dari kategori pendaftar baru, namun kami harap segera beradaptasi dan mengembangkan diri dengan lingkungan kerjanya masing-masing,” harapnya.

Diketahui Kabupaten Mesuji akan menggelar pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) yaitu Pemilihan Bupati dan Pemilihan Wakil Bupati periode 2024-2029 serentak dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung yang akan  dilaksanakan pada 27 November 2024.

Pantauan Media Rakata di lapangan untuk Pilkada Mesuji sendiri  sudah terlihat Banner-Banner dari ukuran sedang dan besar sudah berjajar gambar-gambar kandidat Bakal calon Bupati Mesuji namun untuk bakal Gubernur sampai di penghujung bulan Mei ini belum terlihat.

Dari Banner-baner itu masyarakat Kabupaten Mesuji setidaknya sudah mengetahui siapa-siapa saja yang bakal maju sebagai calon bupati atau wakil bupati kedepan. Diantaranya ada Ketua DPRD Mesuji Elfianah, Sekda Mesuji Syamsudin ada Ketua DPD Nasdem Fuad Amrullah, Hi. Edi Azhari, dan yang lainnya.

Meski diketahui Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten  Mesuji baru melaksanakan Launching atau  Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mesuji tahun 2024 dengan maskot atau jingle Si Ikan Tapa Ikan Endemik  (Ikan Asli Sungai Mesuji) pada Kamis malam 23 Mei 2024 yang digelar di Lapangan Mekar Jaya Kecamatan Tanjung raya. Artinya kalau melihat banner yang sudah terpampang di pinggir ruas jalan baik jalan provinsi dan kabupaten ini banyak yang punya potensi untuk menjadi kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk memimpin Mesuji kedepan.(Suheri)

iklan top

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *