Bandar LampungDaerahLampungPendidikan

1293 Orang Masuk Jadi Mahasiswa Baru UBL

×

1293 Orang Masuk Jadi Mahasiswa Baru UBL

Sebarkan artikel ini

Inspiratif.co.id — Universitas Bandar Lampung (UBL), menerima 1293 orang Mahasiswa baru tahun ajarin 2023-2024.

Hal itu disampaikan Rektor UBL Muhammad Yusuf Barusman, dalam sesi wawancara kepada wartawan, usai kegiatan Program Pengenalan Kampus di Aula Gedung Pascasarjana UBL. Sabtu 02 September 2023.

“Hari ini kita akan berikan wawasan tentang Kampus, apa dan bagaimana UBL, dan yang bisa dilakukan oleh para Mahasiswa baru kepada UBL,” ujar Prof Yusuf.

Dirinya berharap, para Mahasiswa Baru UBL, untuk memaksimalkan semua potensinya.

“Saya berpesan jangan terlalu kecil cita-citanya tapi harus bisa mengubah dunia,” ungkapnya.

Kegiatan PPK sendiri diikuti sebanyak 1.293 mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 diisi dengan kegiatan akademik dan non akademik. Kegiatan yang dipusatkan di gedung Convention Hall Mahligai Agung Pascasarjana kampus UBL ini berlangsung selama 2 hari yang ditandai dengan penyematan secara resmi jas almamater kepada perwakilan mahasiswa penerima beasiswa Prabowo Saputra dari program studi Ilmu Hukum dan Felycia Jannice Michelle dari prodi Ilmu Komunikasi oleh Rektor UBL Prof Dr. M. Yusuf S. Barusman, MBA.

Membuka kegiatan PPK ini, Rektor UBL Prof Yusuf Barusman, mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru dan menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaannya menjadikan UBL sebagai pilihan yang tepat melanjutkan studi di perguruan tinggi. “Selamat datang dan bergabung kepada mahasiswa baru UBL, terima kasih atas kepercayaan kalian memilih kampus yang selama 4 tahun berturut turut dari tahun 2019 dinobatkan sebagai Universitas Terbaik dari 285 Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Bagian Selatan yang meliputi wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Bangka dan Belitung. Dimana salah satu kriterianya adalah akreditasi, UBL memiliki akreditasi dengan nilai paling tinggi atau akreditasi A terbanyak dan UNGGUL bahkan Internasional,” terang Prof Yusuf.

“Di UBL inilah tempat kalian untuk mengeksplorasi diri melalui banyak sekali kegiatan tidak hanya di prodi tetapi juga di berbagai Pusat Studi yang ada di UBL seperti Pusat Studi Mekatronika, Pusat Studi Kajian Narkoba, Pusat Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan, Lab Teknik Sipil dan masih banyak lainnya. Saya minta kalian aktif bergaul di dunia akademik dan riset, jangan kuliah berorientasi hanya untuk gelar dan mencari pekerjaan, kalian bisa mengubah dunia dengan ilmu, riset, penelitian dan inovasi,” tambah Prof Yusuf.

Selain itu Prof Yusuf juga menambahkan pendidikan sangat penting dalam meniti masa depan bagi mahasiswa baru, dan UBL sendiri akan terus berkontribusi untuk meningkatkan tingkat partisipasi pendidikan tinggi di Provinsi Lampung. “Kalian termasuk pemuda pemudi yang beruntung bisa duduk di bangku kuliah karena kalo kita lihat Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi di Lampung baru di angka 21%, artinya dari 100 pemuda pemudi umur 18 sampai dengan 24 tahun di Lampung yang ada di kampus hanya 20 orang, dan kalian diantaranya. Dan sampai saat ini, UBL terus memberikan kesempatan kepada semua orang untuk melanjutkan pendidikan dengan memberikan beasiswa baik prestasi akademik maupun non akademik, tercatat sudah ribuan mahasiswa yang lulus dari UBL sebagai penerima beasiswa. Hal ini adalah wujud nyata kepedulian UBL terhadap kualitas insan bangsa Indonesia, terutama di Provinsi Lampung,” tambahnya.

Kegiatan PPK ini diharapkan dapat bermanfaat dalam proses memposisikan di dalam dunia kampus serta mampu menanamkan pendidikan karakter, etika, budaya, dan tata tertib UBL kepada mahasiswa baru. Setelah kegiatan ini diharapkan muncul sosok-sosok mahasiswa yang memahami pentingnya arti pendidikan bagi pembangunan bangsa dan mampu menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. (Rls)

iklan top

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *