Bandar LampungDaerahLampungPendidikan

Presiden BEM IIB Darmajaya Sebut Pemuda Desa Kampungbaru Mutiara Terpendam

×

Presiden BEM IIB Darmajaya Sebut Pemuda Desa Kampungbaru Mutiara Terpendam

Sebarkan artikel ini

Inspiratif.co.id – Pemberdayaan pemuda desa, peningkatan dan pengembangan UMKM lokal, serta menciptakan desa bersih dan indah menjadi fokus utama mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dalam Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) 2023, di Desa Kampungbaru, Punduhpidada, Pesawaran.

Ryan Fadila Akbar, yang juga Presiden BEM IIB Darmajaya bersama Muhammad Rizki Ikhwan dan Nadia Rosita (Ketua Himpunan Akuntansi dan Manajemen) berkreasi bahu-membahu memberikan dampak yang luar biasa kepada desa tempat mereka melakukan pengabdian. “Alhamdulillah, kami diterima baik di Desa Kampungbaru ini. Semua memberikan support yang luar biasa. Fokus kami dalam PKPM kali ini adalah pemberdayaan pemuda desa terutama dalam menjadikan desa maju, bersih, dan indah,” kata Ryan Fadila Akbar, Senin 28-Agustus-2023.

Menurut Ryan, mahasiswa IIB Darmajaya memiliki misi yang besar dalam pembangunan desa setempat. Usaha mereka seperti menjadi ringan ketika pemuda desa dan masyarakat antusias dalam pengembangan ekonomi desa, terutama dalam peningkatan dan pengembangan UMKM desa. “Kami melakukan propaganda dalam arti positif mempengaruhi pemuda setempat dalam membangun desanya. Sebelumnya, kami memang lebih dulu melakukan analisis dan melihat potensi Desa Kampungbaru. Ternyata potensinya sangat luar biasa. Pemuda desa setempat seperti mutiara yang terpendam,” kata dia seperti mengutip dari https://darmajaya.ac.id.

Di lain pihak, Kepala Desa Kampungbaru, Al Kautsar, S.E., mengaku bersyukur dengan kehadiran peserta PKPM dari IIB Darmajaya. Sebab, kegiatan ini memberikan pengaruh yang luar biasa untuk kemajuan desa. “Luar biasa, saya sangat senang dan bangga dengan kehadiran mereka, terutama dalam pengembangan potensi desa dan UMKM. Paling tidak, pemuda desa diberikan harapan baru agar mereka dapat melanjutkan sekolah sampai ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Al Kautsar, saat ditemui Kamis, 24-Agustus-2023.

Bahkan, Kades Kampungbaru mendoakan agar semua lulusan IIB Darmajaya mampu memberikan pengaruh besar dalam pembangunan bangsa dan negara dan lulusannya dapat menjadi pimpinan daerah. “Apalagi, yang kami tahu lulusan IIB Darmajaya sudah berkarya dimana-mana dan menjadi kampus favorit bagi siswa-siswa desa berprestasi,” kata dia. (Rls)

iklan top

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *