Bandar LampungDaerahLampung

Mahasiswi Sistem Informasi Darmajaya Ciptakan Sistem Informasi Layanan pada Polres Lampura Berbasis Web

×

Mahasiswi Sistem Informasi Darmajaya Ciptakan Sistem Informasi Layanan pada Polres Lampura Berbasis Web

Sebarkan artikel ini
  1. Inspiratif.co.id – Mahasiswi Prodi Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya membuat tugas akhir Sistem Informasi Layanan pada Polres Lampung Utara Berbasis Web.

Hal ini terungkap usai pelaksanaan ujian Luh Yunika Puspitaloka pada Senin, 28-Agustus-2023. Luh Yunika Puspitaloka mendapat bimbingan dari Rini Nurlistiani, S.Kom., M.T.I. dalam pengerjaan tugas akhir yang dikerjakannya selama satu semester tersebut.

Menurut dia, Sistem Informasi Layanan pada Polres Lampung Utara Berbasis Web tersebut digunakan dalam pelaporan kehilangan dan pengaduan. “Selama ini untuk website Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) di Polres Way Kanan belum ada dan masih manual untuk pelaporan kehilangan dan pengaduan,” ungkapnya.

Luh Yunika Puspitaloka berharap semoga dengan adanya website ini (http://polreslamut.infinityfreeapp.com/?i=1) dapat membantu masyarakat dalam melakukan laporan kehilangan maupun pengaduan masalah. “Semoga juga dapat mempermudah pihak kepolisian Polres Lampung Utara dalam menerima keluhan atau laporan masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Rini Nurlistiani, dosen pembimbing, berharap Sistem informasi Layanan ini dapat diimplementasikan dengan baik oleh pihak Polres Lampung Utara. “Dengan adanya sistem informasi yang dibuat oleh Yunika, diharapkan mempermudah masyarakat Lampung Utara dalam mengajukan administrasi surat-menyurat ke polres tanpa harus antre,” ucap dia seperti mengutip dari https://darmajaya.ac.id.

Selain itu, lanjut dia, sistem ini juga ditujukan kepada masyarakat agar dapat melaporkan tindak kejahatan/kriminal di wilayah tersebut secara real time. “Nantinya pelaporan secara real time akan ditangani secara cepat oleh Polres Lampung Utara,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya, Dr. Wasilah, S.Kom., M.T., mengatakan skripsi yang dikerjakan Luh Yunika Puspitaloka ini mengadopsi kebutuhan masyarakat tepatnya dalam peningkatan kualitas layanan. “Web yang dihasilkan dapat mengcover kebutuhan media pengaduan dan pengurusan surat kehilangan dengan mudah dan cepat,” ungkapnya.

Masyarakat lanjut dia, dapat melaporkan pengaduan dari manapun sehingga pengurusan menjadi lebih mudah dan dapat di respon oleh pihak keamanan dengan lebih cepat. “Skripsi ini merupakan salah satu skripsi yang dihasilkan oleh mahasiswa Prodi Sistem Informasi yang berfokus membantu penyelesaian masalah-masalah di masyarakat,” pungkasnya. (Rls)

iklan top

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *